Menuju Sehat dengan Sayur dan Buah

Assalamualaikum wr. wb

Heeeiii hooiiiiii ..... Kembali menulis lagi nih gw, mumpung ada ide gara-gara lihat postingan orang tentang food combining.

Ngomongin soal makan, gw adalah salah satu orang yang paling jago di antara keluarga dan teman-teman perempuan gw. Hehehe Alhamdulillah Allah kasih tipikal badan yang enggak gampang gemuk meski gw makan terusssss. Cacingan? Jangan salah sangka, gw udah pernah mikir sampe sana, sangking gw sendiri juga heran kenapa gw gampang laper dan makan gw banyak banget.

Awal mula gw baca-baca artikel dan taya mulu ke dokter berjalan gw (baca:kembaran gw) tentang ini. Dulu sih gw enggak begitu perduli, tapi lama-kelamaan gw pengen tahu jenis pencernaan macam apa yang gw punya.

Selama udah kerja dan pola makan gw masih sama kayak dulu (baca:full karbo, nasi addicts), gw gampang ngantuk, badan gw kerasa berat meski bobot tubuh gw biasa aja alias enggak nambah. Gw masih tetep gampang capek dan masuk angin meski makan gw teratur dan banyak. Dan ternyata ..... jeng jeng ..... pola makan dan jenis makanan gw yang salah porsinya dan aturannya.

Dulu, gw pagi makan nasi dan lauk, siangnya juga, dan malamnya pun juga, dan kalau masih laper lagi, ya gw makan lagi, bisa bikin mie rebus, atau nasgor, dan sejenisnya. wow hahahahaha Ditambah lagi gw jarang olah raga, jadi kemanakah makanan itu semua????? *auk ah hahahhahaha

Oh iya, gw adalah salah satu orang yang punya pencernaan lancar. Bisa dibilang tiap hari dan teratur ke belakang. hehe Jaaaddddiiii, sekali lagi, kemanakah makanan itu semua????
Gw sampe sekarang masih belum nemu jawabannya dan gw udah enggak mau cari tahu juga, pusing ah, hehe. Dan gw cuma pake istilah orang jawa aja, pawakan, alias bawaan lahir. :p

Oke, kembali ke soal food combining. Setelah gw baca postingan orang ini, gw langsung cari tahu apa itu food combining. Dan setelah gw browsing, gampangnya sih food combining itu aturan pola makan yang menyesuaikan proses pencernaan atau keadaan tubuh kita. Makanan apa yang kalian makan, jam berapa kalian makan, itu semua disesuaikan dengan keadaan tubuh kalian masing-masing. Buat sebagian orang, ini semua mungkin bisa dihubungkan dengan diet, taappiiiiiiiiii menurut gw sih bukan soal dietnya apa enggak, tapi manfaat yang ditawarkan dari pengaturan pola makan ini, yaitu TO STAY HEALTHY. Itu poinnya!!!!

Gw termasuk penggila sayur dan buah, apa pun itu, kecuali mangga dan jengkol. hehe
Nah, setelah bertanya dan membaca banyak artikel tentang kesehatan, gw mengubah semua cara, jenis, dan waktu makan yang TERNYATA gw baru tahu kalau gw lagi praktik yang namanya FOOD COMBINING. Hihihi
Inilah pola makan yang alhamdulillah uda gw  terapin setahun lebih. Awalnya gw cuma nglakuin apa yang dicontohkan our beloved Prophet Muhammad SAW karena gw yakin pasti baik. Cuma itu awalnya. Tapi sekarang ........ :))))) berbuah senyuman.

Ini gambaran singkat pola makan gw sekarang.
Bangun pagi sebelum makan makanan apa pun, gw minum air putih. Beberapa saat kemudian, gw minum madu. Nah, habis itu gw biasa mandi dan siap-siap ke kantor sembari nyiapin bekal buah, salad, atau jus buat sarapan di kantor. Buah di sini gw pilih buah yang sifatnya mengenyangkan, seperti pisang, pepaya, bisa juga gw bawa kentang rebus sama telur rebus. Agak siangan biasany gw minum susu. Nah di sela-sela itu semua, gw rajin banget minum air putih.
Siang, baru makanan berat sama lauk dan tak lupa sayur-mayur. Tiba saatny malam, ini tantangan yang paling dasyat pada awalnya. Karena terbiasa makan, gw tiap malam selalu laper banget, sampai akhirnya gw siasati gw makan buah lagi karena bener-bener laper. Gw akan terpaksa makan kalau kerjaan banyak dan gw butuh banyak tenaga dan pikiran buat nyelesain itu semua.
Gw selalu mengusahakan buat rutin minum habatusauda atau yang lebih terkenal dengan nama jinten hitam sebelum tidur, dan tidak terlepas dari artikel yang kasih informasi banyak tentang macam manfaat jinten hitam itu sendiri. Banyak yang mengira gw lagi diet, tapi gw selalu jawab, "Apa yang mau didietiiiinnnn .....?????" hahhaha
Oh, ya alhamdulillah gw uda lumayan punya jadwal gerakin badan as olahraga kecil-kecilan karena emang gw sempetin lari kecil-kecilan di tempat, di kamar aja, sehari sekali. Cukup minimal 15 menitanlah dan cukup bikin keringetan. :p

Nah, dari life style baru inilah gw udah enggak gampang capek dan sakit. Alhamdulillah bisa tetep happyana terussss alias ketawa-ketiwi dan semangat nglakuin ini-itu. Ingat ya temansss, badan sehat memang bikin bahagia lhooooo. Gw buktinya. Hehe

Buat kalian yang pengen cari tahu lebih dalam tentang food combining dan ways to stay healthy ala Rasulullah bisa browsing di internet atau salah satunya klik di link ini  dan ini. Yang mau langsung praktik sehabis baca artikel di link-link tersebut semangatttt yaaa.

Semoga bermanfaat ya cerita gw kali ini. See you on the next post, insya allah. byeeeeeeee








Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer